Agar Puasa Ramadan Kita Tidak Sia-Sia
Oleh : Mederator | Senin - 14 Mei 2018 | Sumber : okezone*com

Agar Puasa Ramadan Kita Tidak Sia-Sia

UMAT Muslim menanti puasa Ramadan kurang dari sepekan lagi. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar puasa tak sekadar menahan rasa haus dan lapar.

1. Perkuat Niat Berpuasa

Niat untuk menjalankan ibadah puasa menjadi hal utama dan pertama yang harus dilakukan seorang Muslim. Niat yang kuat untuk memperbaiki diri dan menyucikan hati bakal menjadi pendukung ketika menjalani ritual ibadah umat Islam selama sebulan penuh ini.

2. Jangan Lupakan Sahur

Menjalankan puasa Ramadan tak boleh lepas dari tata urutannya. Dimulai dari sahur yang harus dilakukan sebelum imsak atau sepertiga malam. Selain menjadi sunnah, sahur sangat penting agar ada asupan nutrisi tubuh hingga azan mahgrib tiba.

3. Menu Sahur Sehat

Menu makan sahur sebaiknya diupayakan mengandung banyak protein dan serat. Makanan berprotein tinggi dapat menjadi sumber energi kala beraktivitas. Sedangkan makanan berserat tinggi bakal membantu proses metabolisme tubuh.

Jika bisa kurangi mengonsumsi karbohidrat yang berpotensi menurunkan daya panas tubuh untuk memprosesnya sebagai energi. Sehingga malah membuat seseorang terlihat malas dan mengantuk sepanjang hari

4. Hindari Kegiatan yang Menguras Tenaga

Saat berpuasa memang dianjurkan untuk tetap beraktivitas harian seperti biasa. Olahraga bisa tetap dijalankan, asal tidak menguras tenaga secara berlebihan. Pilihannya seperti berjalan, bersepeda,dan latihan otot seperti sit-up dan push-up. Kurangi olahraga lari yang lebih menguras tenaga selama puasa.

5. Jangan Menunggu Waktu Berbuka

Saat berpuasa, sebaiknya tidak terus-terusan melihat jam dan menunggu waktu berbuka puasa. Kebiasaan itu hanya akan membuat rasa lapar dan haus bertambah karena hanya terfokus kepada dua hal tersebut.

Sebaiknya kerjakan saja pekerjaan yang ada dengan semangat agar waktu berbuka puasa tak terasa lama.

6. Perbanyak Ibadah

Niat puasa bukanlah untuk memperbanyak tidur atau malas-malasan. Sebaiknya mengisi waktu luang dengan memperbanyak ibadah. Selain itu mengaji atau membaca buku tentang agama dan apa saja yang menambah pengetahuan keagamaan dapat mengurangi kegiatan tanpa manfaat.

Bila bosan melakukannya di rumah, maka bisa mendatangi masjid terdekat untuk mengaji bersama sambil melakukan hal-hal bermanfaat bersama pengurus masjid.


| Sahabat muslim, mari berdakwah bersama kami untuk informasi lebih lanjut silakan KLIK DISINI


Tampilkan Semua Komentar

Buat Komentar