Manfaat Memaafkan Kesalahan Orang Lain dalam Islam
Oleh : Admin ID Muslim | Rabu - 04 Apr 2018 | Sumber : Manfaat Memaafkan Kesalahan Orang Lain dalam Islam

Manfaat Memaafkan Kesalahan Orang Lain dalam Islam

Siapa diantara kita yang tak pernah melakukan kesalahan??
Siapa pun kita pasti ada melakukan kesalahan, dan kekhilafan. Dan setiap manusia didunia ini tidak ada yang sempurna, pastilah memiliki suatu kesalahan baik itu disengaja maupun tidak, apalagi manusia memang tempatnya salah. Oleh karena itu kita sesame manusia harus saling memaafkan. Walaupun memaafkan kesalahan orang lain itu tidak semudah membalikkan tangan. Namun, tahukah anda betapa besarnya manfaat memaafkan kesalahan orang lain. Walaupun Allah telah banyak menjelaskan dalam firman- firman Nya, bahwa salah satu ciri orang yang bertaqwa adalah memaafkan kesalahan orang lain, namun dalam prakteknya memaafkan adalah bukan perkara yang mudah.

Masih ingatkah kita akan kisah Abu Bakar As-Shiddiq yang pada suatu hari bersumpah untuk tidak lagi membantu Misthah bin Atsatsah, salah seorang kerabatnya? Begitu berat kenyataan itu bagi beliau karena Misthah bin Atsatsah telah ikut menyebarkan berita bohong tentang putri beliau yaitu siti Aisyah. Tetapi Allah yang maha Rahman melarang sikap Abu Bakar tersebut, sehingga turunlah ayat ke-22 dari surah An-Nur.

“Janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka tidak akan mem beri (bantuan) kepada kaum kerabat (nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah di jalan Allah. Hendaklah mereka memaafkan dan berla pang dada. Apakah ka mu tidak ingin agar Allah meng ampunimu? Sesungguhnya, Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS An-Nur: 22), Ayat ini mengajarkan kepada kita agar melakukan sebuah hal mulia kepada orang yang pernah berbuat dosa kepada diri kita, yaitu memaafkan.Dan sebuah kemaafan masih belum sempurna ketika masih tersisa ganjalan, apalagi dendam yang membara didalam hati kita. Agar hati ini lebih mudah memaafkan kesalahan seseorang, ada baiknya kita mengetahui apa saja manfaat kita memaafkan seseorang??

1.Memperpanjang Umur
Memang benar bahwa umur itu rahasia tuhan, dan anda tidak tahu kapan akan mati. Tetapi jika dilihat dari segi kesehatan, maka untuk membuat tubuh tetap sehat sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyebabkan kematian, salah satunya dengan hidup bahagia. Nah, sekarang ternyata ada hasil penelitian yang telah menunjukkan bahwa jika anda sering memaafkan kesalahan orang lain dan tidak mengungkit-ungkitnya kembali, InsyaAllah maka hidup anda akan menjadi lebih bahagia sehingga anda memiliki tubuh yang sehat dan usia yang panjang. 

2.Menjaga Kesehatan Jantung
Sebuah penelitian pernah membuktikan bahwa mereka yang hidupnya dipenuhi oleh rasa dendam akan memiliki kecenderungan detak jantungnya lebih cepat, tidak sehat, dan bisa membahayakan diri sendiri. Kebalikan dari hal itu, orang yang sering memaafkan kesalahan orang lain memiliki detak jantung yang rendah dan terhindar dari penyakit jantung yang cukup berbahaya bagi tubuh.

3.Terhindar Dari Stres
Salah satu penyebab terbesar munculnya berbagai macam penyakit mematikan dalam tubuh adalah stres. Berbagai penyakit seperti stroke, jantung dan penyakit lain bisa dipicu oleh stres yang terus menerus yang anda rasakan.

Bagaiman cara mengatasinya? Mudah kan, maafkan kesalahan orang lain. Ini merupakan fakta yang telah didapat dari berbagai semua penelitian. Memaafkan kesalahan orang membuat tubuh dapat menurunkan hormon stres sehingga tubuh menjadi lebih rileks, tenang dan panjang umur


| Sahabat muslim, mari berdakwah bersama kami untuk informasi lebih lanjut silakan KLIK DISINI


Tampilkan Semua Komentar

Buat Komentar