Muslim Kanada Galang Dana untuk Korban Serangan Van
Oleh : Mederator | Jumat - 27 Apr 2018 | Sumber : .republika*co*id

Muslim Kanada Galang Dana untuk Korban Serangan Van

TORONTO - Badan amal Muslim di Kanada memimpin langkah penggalangan dana untuk membantu korban serangan van di Toronto, Ontario, Kanada. Selain untuk korban, bantuan dana juga ditujukan bagi keluarga korban untuk membayar biaya medis dan pemakaman.

Upaya penggalangan dana ini bekerja sama dengan pemerintah Kota Toronto. Insiden serangan terjadi pada Senin (23/4) waktu setempat, saat sebuah van menabrak pejalan kaki di trotoar yang padat di Toronto.

Alex Minassian (25 tahun) menjadi tersangka setelah ia menabrakkan mobil sewaan tersebut. Ia didakwa dengan 10 tuduhan pembunuhan dan 13 percobaan pembunuhan pada Selasa (24/4).

Polisi belum mengungkapkan latar belakang tersangka, dan serangan itu tampaknya tidak dimotivasi oleh agama. Minassian adalah nama keluarga Armenia.

Lembaga amal Charity Canada Zakat telah mengumpulkan lebih dari 145 ribu dolar Kanada (sekitar 113 ribu dolar AS) pada Rabu pagi melalui kampanye GoFundMe. Lembaga Islamic Relief Canada, yang menyediakan bantuan darurat setelah bencana, telah menerima sumbangan sebanyak 6.500 dolar Kanada melalui situs Launchgood.com, sebuah platform penggalangan dana Muslim.

Kepala eksekutif Islamic Relief Canada, Zaid Al-Rawni, mengatakan upaya amal ini dipicu umpan balik donor dari penggalangan dana yang dilakukan setelah insiden penembakan di sebuah masjid di kota Quebec pada Januari 2017. Penggalangan dana ini menjadi profil paling tinggi sejak saat itu.

"Satu donor menyebutkan, 'jika ini terjadi lagi, kalian harus berada di luar sana lagi, terlepas dari siapa pelakunya, siapa korbannya'. Itu adalah pendorong utama untuk ini," kata Al-Rawni, Kamis (26/4).

Badan amal Muslim yang lain Human Concern International dan badan bantuan Kanada Lingkaran Islam Amerika Utara juga mengumpulkan dana. Sebagian besar badan amal memulai kampanye sebelum identitas penyerang dikonfirmasi. Spekulasi media sosial adalah pelaku Muslim, dan memiliki sedikit keterkaitan yang relevan pada keputusan mereka untuk mengumpulkan dana.

Al-Rawni mengatakan, Islamic Relief Canada akan menyalurkan uang ke dalam sebuah pendanaan yang dibentuk Kota Toronto dan Toronto Foundation, sebuah organisasi filantropi. Wali Kota Toronto John Tory mengatakan pada Selasa, dana tersebut akan memastikan jika sumbangan dapat didistribusikan secara teratur.

"Asumsi saya adalah karena mereka menyadari mereka memiliki telinga dari anggota masyarakat yang murah hati di komunitas Muslim. Mereka tahu akan dapat memiliki hasil di sini," kata Juru Bicara untuk Yayasan Toronto, Julia Howell.

Howell menambahkan, layanan korban akan berada di antara para penerima. Juru bicara untuk Canada Zakat, Sana Khawaja, mengatakan komunitas Muslim Kanada perlu memperjelas seberapa banyak layanan yang merupakan bagian dari sebuah keyakinan.

"Kami populasi yang kuat di sini, mari lakukan apa yang bisa kami lakukan," kata Khawaja.


| Sahabat muslim, mari berdakwah bersama kami untuk informasi lebih lanjut silakan KLIK DISINI


Tampilkan Semua Komentar

Buat Komentar