Tips Ampuh Jaga Kesehatan Selama Berpuasa

Tips Ampuh Jaga Kesehatan Selama Berpuasa

06 Mei 2019 | Dilihat 472 Kali | Sumber cermati.com | Oleh Mederator


Tips Ampuh Jaga Kesehatan Selama Berpuasa Foto [ Ilustrasi ]

Baca Juga : Sistem Politik Jahiliyah Sumber Kerusakan dan Penindasan


Ramadhan merupakan bulan suci umat Islam di seluruh dunia. Di bulan ini setiap Muslim diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh.

Tentu hal ini tidak mudah dilakukan. Bahkan selama berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan atau cairan selama sekitar 14 jam.

Maka dari itu, sangat penting bagi Anda memperhatikan dan menjaga kesehatan selama Ramadhan. Berikut tips menjaga kesehatan selama berpuasa Ramadhan :

Sahurlah di Waktu Akhir tapi tidak Mepet Menjelang Imsak

Walaupun poin ini terdengar sepele namun sahur yang di saat menjelang berakhirnya waktu sahur memiliki manfaat yang baik bagi tubuh untuk membakar makanan menjadi energi dengan jarak waktu yang pas. Tapi ingat, jangan sahur terlalu mepet dengan waktu imsak tentunya.

Selain itu, dengan mengakhiri waktu sahur maka akan memberikan Anda kelancaran melakukan aktivitas lain sebelum subuh. Jika masih sempat beristirahat antara sahur dan subuh, lakukanlah, kemudian lanjutkan shalat subuh.

Lakukan Aktivitas Ringan dan Jangan Tidur Setelah Sahur

Setelah sahur, usahakan melakukan aktivitas ringan dan hindari melanjutkan tidur kembali. Ini bukan tanpa alasan karena dampaknya buruk bagi tubuh.

Larangan tidur setelah makan sahur ternyata disebabkan oleh akan timbulnya beragam penyakit, seperti memicu obesitas, pertumbuhan bakteri anaerob, strok dan yang lebih parah lagi bisa menyebabkan serangan jantung.

Untuk itu, hindarilah tidur setelah sahur. Anda bisa mengisi waktu ini dengan melakukan kegiatan ibadah seperti membaca kitab suci Alquran sampai waktu subuh datang.

Jangan Malas dan Lakukan Olahraga Ringan

Sifat malas merupakan sifat yang harus dibuang jauh-jauh. Nah, karena bangun lebih dini untuk sahur, maka rasa malas pun tak terbendung setelah shalat subuh. Bila diikuti rasa malas, potensi bermalas-malasan hingga seharian penuh nantinya cukup besar.

Untuk itu, hindari kebiasaan bermalas-malasan dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Sama seperti di luar bulan Ramadhan, jika Anda tidak beraktivitas, malah bisa menimbulkan gangguan kesehatan, lho.

Bahkan, dengan melakukan aktivitas rutin setiap hari bisa membantu kerja organ di dalam tubuh secara maksimal. Jadi, biasakanlah melakukan olahraga ringan seperti jalan santai, bersepeda, yoga, senam dan sebagainya di pagi hari.

Jangan Begadang, Tidurlah yang Cukup

Mungkin pada saat tidak berpuasa, Anda sering menyepelekan waktu tidur. Begadang untuk melakukan berbagai macam hal hingga waktu tidur terlewatkan dengan sengaja.

Namun, di bulan puasa, cobalah mengatur jadwal tidur yang teratur. Contohnya, jika Anda sering tidur di atas pukul 11 malam, tubuhmu akan mudah capai karena harus bangun sahur. Ditambah lagi Anda harus bangun di pagi harinya untuk melakukan aktivitas seperti biasa.

Untuk itu, aturlah waktu tidur Anda sebaik mungkin. Kalau bisa sebelum pukul 11 malam Anda sudah harus tidur. Hal ini penting agar keesokan harinya Anda tetap kuat dan tidak ngantuk saat menjalani aktivitas seharian.

Jangan Ditunda, Segeralah Berbuka Puasa saat Waktunya Tiba

Saat waktu berbuka puasa tiba, usahakan langsung berbuka. Apalagi jika Anda adalah penderita maag, segerakanlah berbuka karena jika menunda akan berakibat fatal bagi lambung.

Namun Anda juga harus menyantap makanan secara perlahan dan tidak berlebihan agar memperlancar kerja saluran pencernaan di dalam perut. Dan ini tentunya juga berlaku bagi Anda yang tidak memiliki penyakit maag, sebab bisa membantu menstabilkan pencernaan.

Makanlah Hidangan Buka Puasa yang Manis

Ini penting. Berbukalah puasa dengan makanan ataupun minuman yang manis. Sebab ini merupakan sebuah anjuran yang baik untuk dilakukan yang berguna bagi pencernaan sebagai penetralisir. Contoh makanan dan minuman manis yang disarankan untuk dikonsumsi sebagai menu awal berbuka puasa adalah kurma, teh dan air putih.

Jangan Minum Air Dingin saat Berbuka Puasa

Tips untuk menjaga kesehatan selama Ramadhan yang bisa dilakukan adalah menghindari berbuka dengan air dingin karena dapat menyebabkan perut kembung. Sama halnya dengan minuman yang mengandung pemanis buatan, bukannya malah menyegarkan tubuh tetapi bisa membuat lesu.

Selain itu, minuman yang mengandung soda juga tidak baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa dan sahur karena bisa mengganggu saluran pencernaan. Pilihlah air agar tubuh lebih mudah menyerap.

Tetap Semangat dengan Menjaga Pola Hidup Sehat saat Berpuasa

Puasa tidak hanya memberikan pahala yang melimpah bagi Anda yang mengerjakannya, melainkan juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, kebiasaan berpuasa bisa membawa perubahan terhadap kondisi kesehatan seseorang. Selain berdampak baik bagi organ luar ternyata puasa juga sangat bermanfaat untuk organ dalam tubuh, seperti jantung, mata dan juga pencernaan.


| Sahabat muslim, mari berdakwah bersama kami untuk informasi lebih lanjut silakan KLIK DISINI


Sistem Politik Jahiliyah  Sumber Kerusakan dan Penindasan
  • Sistem Politik Jahiliyah Sumber Kerusakan dan Penindasan

    Sabtu, | Oleh Admin ID Muslim | Lihat 939 Kali


  • Berikut Agama Baru Yang Bikin Geleng - Geleng Kepala
  • Berikut Agama Baru Yang Bikin Geleng - Geleng Kepala

    Rabu, | Oleh Admin ID Muslim | Lihat 678 Kali


  • Bagaimana Cara Orangtuanya Mendidik Delapan Anaknya Bisa Hafal Quran?
  • Bagaimana Cara Orangtuanya Mendidik Delapan Anaknya Bisa Hafal Quran?

    Senin, | Oleh Mederator | Lihat 665 Kali


  • Stigma Radikal, Cara Membungkam Ulama Agar Tidak Berdakwah
  • Stigma Radikal, Cara Membungkam Ulama Agar Tidak Berdakwah

    Selasa, | Oleh Mederator | Lihat 629 Kali